Hari Ini Buruh Demo Besar di Jakarta, Minta 18 Tuntutan Dikabulkan Pemerintah dan DPR

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 04:12 WIB
Massa yang tergabung dalam Partai Buruh melakukan unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di depan kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2022).(Antara/Galih Pradipta)
Massa yang tergabung dalam Partai Buruh melakukan unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di depan kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2022).(Antara/Galih Pradipta)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Hari Ini Buruh Demo Besar di Jakarta, Minta 18 Tuntutan Dikabulkan Pemerintah dan DPR. Puluhan ribu buruh dijadwalkan ikut unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu (14/5), dan separuh dari mereka melanjutkan aksi di Gelora Bung Karno (GBK) untuk menyuarakan 18 tuntutan kepada anggota DPR dan pemerintah.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam siaran tertulisnya di Jakarta, Sabtu, menyampaikan aksi unjuk rasa itu bagian dari rangkaian peringatan Hari Buruh Dunia yang berlangsung sejak 1 Mei.

BACA JUGA: Website Nonton KKN di Desa Penari di Mana? Gratis dan FULL HD

Said Iqbal menyampaikan 18 tuntutan massa buruh itu antara lain menyangkut permintaan kepada pemerintah agar menurunkan harga bahan pokok, bahan bakar minyak dan gas.

“Sahkan RUU (Rancangan Undang-Undang) PPRT (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga), tolak revisi UU PPP (Pembentukan Peraturan Perundang-undangan), dan tolak revisi UU SP/SB (Serikat Pekerja/Serikat Buruh),” kata Said Iqbal, yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

BACA JUGA: Cerita Lokasi Asli KKN di Desa Penari Berdasarkan Cerita Original, Ternyata Mistis dan Menyeramkan

Kemudian, massa buruh juga menolak upah murah, meminta pemerintah menghapus mekanisme pekerja alih daya (outsourcing), menolak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN), dan meminta pemerintah segera mengesahkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang perlindungan anak buah kapal (ABK) dan buruh migran.

Di samping itu, massa buruh meminta pemerintah dan DPR RI segera meratifikasi Konvensi ILO No. 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja. Aksi unjuk rasa kelompok buruh turut meminta kepada aparat penegak hukum berhenti mengkriminalisasi petani.

BACA JUGA: VERSI ASLI SINOPSIS KKN di Desa Penari, Kisah Ayu dan Bima Hingga Banyak yang Kesurupan

Halaman:

Editor: Abu Ibrahim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X