Menanggapi Terjadinya Kualitas Buruk Udara di Pasar Kemis, Pemkab Tangerang Komitmen Jaga Lingkungan Hijau

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:40 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

HALLO BANTEN, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berkomitmen akan menjaga fungsi kelestarian lingkungan hidup agar lebih hijau, sejuk, dan teduh.

Salah satunya, Pemkab merencanakan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di tiap wilayah di Kecamatan Pasar Kemis.

"Ke depan kami juga telah merencanakan untuk memasang alat pengukur kualitas udara secara direct reading, kontinu, dan real time yaitu Air Quality Monitoring System (AQMS) melalui anggaran di APBD 2022 ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, menanggapi terjadinya kualitas buruk udara di Pasar Kemis.

Baca Juga: 3 Zodiak Dengan Horoskop yang Mengalami Kesulitan, Rabu, 22 Juni 2022

Selain pemasangan AQMS, DLHK Kabupaten Tangerang juga akan mengintensifkan pengawasan bagi industri yang menghasilkan emisi/pencemaran udara yaitu dengan mewajibkan setiap 6 bulan sekali menguji kualitas emisi/cerobong asap ke laboratorium lingkungan yang terakreditasi oleh KAN dan teregistrasi oleh KLHK RI.

Hal ini sangat penting sebagai bentuk implementasi komitmen dan penaatannya sesuai aturan yang tertuang dalam Dokumen Lingkungan baik AMDAL atau UKL/UPL.

Dia menduga kualitas buruk udara di Pasar Kemis terjadi akibat tingginya peningkatan volume kendaraan dan aktivitas industri.

"Kemungkinan adanya peningkatan aktivitas polusi dari kendaraan serta peningkatan kondisi perindustrian setempat," ucap Achmad Taufik.

Dia menjelaskan, selama ini Kecamatan Pasar Kemis menjadi wilayah perindustrian dari berbagai perusahaan, sehingga tingkat polusi udara di tempat tersebut mengalami peningkatan.

"Ditambah, wilayah ini dekat dengan akses keluar masuk kendaraan dari pintu tol. Dan itu menjadi penambahan volume kualitas udara semakin buruk," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X