Mengenal Tradisi Rebo Wekasan, Hari Rabu Terakhir di bulan Shafar yang Dikaitkan dengan Bala Musibah

- Rabu, 21 September 2022 | 19:15 WIB
Masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa dan Sunda sudah biasa dengan  istilah Rabu atau Rebo Wekasan yang juga  kerap disebut Rabu Pungkasan. (kabarpriangan.pikiran-rakyat.com)
Masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa dan Sunda sudah biasa dengan istilah Rabu atau Rebo Wekasan yang juga kerap disebut Rabu Pungkasan. (kabarpriangan.pikiran-rakyat.com)

HALLO BANTEN, JAKARTA – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Rebo Wekasan dianggap sebagai hari yang cukup sakral.

Di mana pada hari tersebut dipercaya diturunkannya segala macam bala dan mara bahaya, sehingga banyak masyarakat yang melakukan tradisi tertentu pada hari rebo wekasan agar terhindar dari bala dan mara bahaya.

Namun benarkah demikian, berikut informasi selengkapnya yang Hallo Banten rangkum dari berbagai sumber.

Apa itu Rebo Wekasan?
Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Shafar pada kalender Jawa.

Baca Juga: Mahfud Sebut Bjorka Tak Akan Mampu Bocorkan Data Pemerintah RI

Beberapa aktivitas dilakukan selama hari tersebut, antara lain tahlilan (zikir bersama), berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan maupun selamatan, sampai salat sunah lidaf’il bala (tolak bala) bersama.

Namun, di beberapa kalangan NU, salat sunah lidaf’il bala ini mulai mengalami perubahan dengan disarankan tidak lagi diniatkan untuk memperingati Rebo wekasan, tetapi sebagai salat sunah sebagaimana salat lainnya saja.

Sejarah Rebo Wekasan
Tradisi Rebo Wekasan pertama kali diadakan pada masa Wali Songo, di mana banyak ulama yang menyebutkan bahwa pada bulan Saffar, Allah menurunkan lebih dari 500 macam penyakit.

Untuk mengantisipasi penyakit dan agar terhindar dari musibah, banyak ulama melakukan tirakatan dengan banyak beribadah dan berdoa.

Tujuannya adalah supaya Allah menjauhkan dari segala penyakit dan malapetaka yang dipercaya diturunkan pada hari Rabu terakhir bulan Safar.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Operasi Superman untuk Pilpres 2024, Polisi Sebut Hoax

Kamis, 22 September 2022 | 15:39 WIB
X