Ini Langkah Pemrov Banten Tingkatkan 1000 UMKM dalam Meningkatkan Pemasaran Digital

- Rabu, 8 Maret 2023 | 15:59 WIB
Ilustrasi UMKM Go Online (pixabay)
Ilustrasi UMKM Go Online (pixabay)

HALLO BANTEN - Sekitar 1.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten diberikan pembekalan dan peningkatan pemasaran digital dalam pertemuan secara hibrid.

Dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten itu, mereka dipertemukan dengan pemilik minuman kekinian Munim Indonesia Affan Arisga hingga Youtuber Indonesia ternama Edho Zell, di salah satu hotel di Serang.

Kepada pelaku UMKM, kedua pengusaha sukses tersebut membagikan pengalaman mengenai bagaimana mengembangkan usaha dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial dan internet pada era digital.

Baca Juga: Polres Pandeglang Berhasil Bongkar Dugaan Korupso Proyek Fiktif Miliaran

Dalam paparannya Affan Arisga menjelaskan ia sudah mulai berbisnis minuman kekinian dengan merek Maomao sejak duduk di semester III sekitar tahun 2017, dengan modal uang jajan yang diberikan orang tua sebesar Rp200 ribu per minggu. Modal tersebut untuk memulai usaha minuman Thai Tea dengan satu gerobak.

Dikatakan pemuda asal Cipondoh, Kota Tangerang itu, ia mengalami jatuh bangun sebelum akhirnya bisa memiliki ratusan gerai Munim, merek minuman miliknya saat ini, di sejumlah kota di Indonesia.

“Kesimpulan saya, kejatuhan saya berulang kali karena ketidaktahuan. Setelah kami bergabung dengan teman-teman yang satu frekuensi, ditambah riset sekarang bisa dilakukan di internet dengan gratis, Alhamdulillah bisnis saya beranjak membaik sampai sekarang,” katanya.

Sementara itu Youtuber Edho Zhell dalam paparannya mengatakan kecenderungan media sosial saat ini sudah bergeser dari Instagram ke Tik Tok.

"Data terbaru menunjukkan Tik Tok saat ini sudah di-upload oleh lebih banyak pengguna dibanding medsos lainnya. Dan kabar mengejutkannya nomor dua terbanyak adalah Indonesia," kata Edho.

Pada kesempatan tersebut Edho memberikan pelatihan terkait bagaimana membuat konten media sosial untuk mempromosikan produk UMKM.

Pertama, kata Edho, yang harus dilakukan adalah mendata kelebihan-kelebihan produk atau merek yang dimiliki UMKM.

“Kesalahan UMKM dalam berpromosi adalah kebanyakan kelebihan. Semua kelebihan dipromosikan, orang jadi bingung. Itu salah! Promosikan satu yang paling menjual menurut kita,” katanya.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Copot Dedi Sunardi Sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina

Berikutnya, Edho meminta UMKM peserta di acara tersebut untuk dapat menemukan satu keunikan dari produk mereka. Hal itu penting, kata dia, mengingat produk apa pun yang dijual saat ini tentu saja sudah memiliki pesaing alias sudah banyak orang lain atau UMKM lain yang juga menjualnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono mengatakan pihaknya menggandeng e-commerce Lazada dalam menggelar kegiatan yang bertajuk “Akar Digital –Jurus Jitu untuk Jadi 1.000 UMKM Cemerlang” tersebut.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNI Griya Pertahankan Pertumbuhan Positif

Minggu, 14 Mei 2023 | 16:57 WIB
X