Yuk Kenalan Dengan Investasi Syariah. Investasi yang Tidak Hanya Menguntungkan, Tapi juga Berkah

- Minggu, 19 Juni 2022 | 15:18 WIB
Asuransi Syariah dan Manfaatnya (ss/sun life)
Asuransi Syariah dan Manfaatnya (ss/sun life)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Investasi syariah memang bukan hal baru lagi di Indonesia. Jenis investasi ini telah lama dikenal secara luas dan berkembang dengan pesat seiring waktu. Kini, masyarakat pun semakin melirik model investasi tersebut.

Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar, maka tak heran investasi syariah sangat mudah ditemui.

Sebenarnya apa itu investasi syariah? Sebelum memulai berinvestasi, Anda tentu lebih baik memahami lebih jauh tentang jenis investasi ini. Anda juga perlu mengenali beberapa jenis dan manfaat-manfaat yang didapat ketika melakukan investasi syariah.

Pada dasarnya, sama seperti investasi pada umumnya, investasi syariah adalah suatu konsep pengelolaan uang dengan cara-cara yang efektif dan menghasilkan profit.

Namun bedanya, dalam investasi berbasis syariat agama Islam ini, konsep-konsep yang diterapkan dalam instrumen keuangannya berdasarkan pada syariat Islam. Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) yang dinaungi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah prinsip hukum syariah dari operasional investasi syariah di Indonesia.

Baca Juga: Gerindra dan PKB Ajak Parpol Lain Gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Untuk menjalankan investasi ini agar selaras dengan pedoman dan ajaran bermuamalah dalam Islam, maka yang menjadi dasar hukum investasinya lebih lanjut dirinci pada fatwa DSN MUI. Berdasarkan pada dokumen fatwa DSN MUI, berikut ini adalah beberapa fatwa mengenai investasi berbasis syariat agama Islam:

· Fatwa No. 20/DSN-MUI/IX/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksadana Syariah;

· Fatwa No. 32/DSN-MUI/IX/2002 tentang Obligasi Syariah;

· Fatwa No. 33/DSN-MUI/IX/2002 tentang Obligasi Syariah Mudharabah;

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

58.275 Ekor Ternak Telah Divaksin PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 17:17 WIB
X