Jahe Merah Tak Hanya Menghangatkan Tubuh, Ini Khasiat Lainnya

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:55 WIB
Ilustrasi Jahe dan Rempah (Dok. DEZALB dari Pixabay )
Ilustrasi Jahe dan Rempah (Dok. DEZALB dari Pixabay )

HALLO BANTEN - Di masa pandemi sekarang ini kita diharuskan menjaga imun tubuh. Tak hanya dengan olah raga, mengkonsumsi tanaman herbal menjadi salah satu yang dapat dipercaya bisa menjaga imunitas tubuh. Jahe Merah adalah salah satu tumbuhan herbal yang banyak khasiatnya.

Jika dibandingkan dengan jahe putih, jahe merah mempunyai rasa yang lebih pedas dan aroma yang lebih kuat.

Jahe merah pun memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding jahe lain pada umumnya.

Salah satu jenis tanaman rimpang ini memiliki khasiat yang ampuh untuk menjaga imun tubuh dan membuat badan menjadi hangat. Biasanya jahe merah disajikan dengan direbus atau bisa juga hanya diseduh dengan air panas, atau bisa juga ditambahkan susu atau dicampur dengan teh.

Jahe merah mengandung Gingerol, Limonene, Aspartic, Capsaicin, Chlorogenic Acid, dan Farnesol. Tidak heran jika jahe merah sering dijadikan tanaman herbal. Jahe merah pun sangat mudah didapat seperti di pasar, toko swalayan atau kita bisa menanam sendiri.

Berikut HALLO BANTEN telah merangkum beberapa manfaat jahe merah dari kanal Youtube Kunci Sehat. Mari kita bahas :

1. Meredakan Batuk
Dari jaman dahulu jahe merah dipercaya dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya jahe ini dikonsumsi dalam bentuk teh. Kandungan Plavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Tak hanya meredakan batuk, jahe merah pun efektif meredakan gejala sakit tenggorokan.

2. Meredakan sakit kepala
Jika anda sering merasa sakit kepala cobalah mengkonsumsi ramuan jahe merah. Kandungan kampena ditambah rasa pedas dan efek hawa panas pada jahe merah mampu meredakan nyeri di kepala. Anda cukup mengiris jahe merah secara tipis lalu menyeduhnya dengan air panas lalu nikmatilah selagi hangat.

3. Memperkuat imun tubuh
Tanaman herbal yang bernama latin Zingiber officinale varietas rubrum ini banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Komposisi ini cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Jahe juga memiliki Gingerols, Shogaols, Zingerones yang bermanfaat sebagai antioksidan.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Salah satu kandungan jahe merah dipercaya berguna membuang racun dalam tubuh. Salah satu nya kolesterol jahat dalam darah, karena kolesterol jahat dapat menghambat aliran darah. Khasiat jahe merah mampu melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Sumber: Youtube Kunci Sehat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X