Pernah Batal Puasa Ramadhan? Ini Bacaan Doa dan Niat untuk Qadha Puasa

- Selasa, 4 Januari 2022 | 18:25 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa dan niat ganti puasa ramadhan (Dok.Shutterstock)
Ilustrasi. Bacaan doa dan niat ganti puasa ramadhan (Dok.Shutterstock)

HALLO BANTEN - Bagi Anda yang meninggalkan puasa Ramadhan pada tahun lalu bisa memulai niat untuk membayar atau qadha puasa Ramadhan Anda di awal tahun ini.

Mungkin Anda lelaki atau perempuan pernah berhalangan menjalankan puasa Ramadhan tahun lalu. Maka Anda berkewajiban untuk membayarnya di tahun ini.

Nah, sebagai umat muslim, kita mungkin pernah berhalangan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Puasa tersebut bisa digantikan dilain hari. Lantas, bagaimana niat puasa ganti ramadhan atau qadha?

Seperti kita tahu puasa di bulan Ramadhan termasuk dalam rukun Islam, dan menjadi kewajiban setiap muslim yang mukallaf.

Meskipun demikian, Allah SWT memberikan keringanan (rukhshah) untuk beberapa golongan untuk tidak mengerjakannya. Simak niat puasa ganti ramadhan berikut.

Baca Juga: Rayyanza Malik Ahmad Disunat, Raffi Ahmad : Selamat Punya Bentuk Baru

Baca Juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Satu Nama Tetap di Hati dari EYE yang Viral di TikTok

Baca Juga: Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Berjudul Dinda Jangan Marah Marah Karya Masdo yang Viral di TikTok

Ketentuan Bayar Utang Puasa Ramadhan
Sebelum mengetahui niat dari qadha puasa ramadhan, hal pertama yang harus dipahami bahwa puasa qadha wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan ketika bulan suci. Ketentuan membayar utang puasa Ramadhan ini dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Sumber: dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X