Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahiyyatul Masjid, Lengkap dengan Niat dan Do'anya

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:46 WIB
Ilustrasi Shalat (freepik.com)
Ilustrasi Shalat (freepik.com)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Selain shalat fardlu 5 waktu, dalam Islam juga terdapat shalat-shalat sunnah yang memiliki keutamaan serta ganjaran yang tidak kalah baik dengan shalat wajib tersebut.

Satu diantaranya adalah, shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid. Shalat Tahiyyatul Masjid adalah shalat sunnah 2 rakaat ketika seorang muslim masuk ke masjid.

Dan biasanya dikerjakan sebelum masuk waktu shalat fardlu 5 waktu.

Tahiyatul Masjid sendiri memiliki arti shalat Sunnah yang dikerjakan untuk menghormati masjid, yang mana hal tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada dzat yang memiliki masjid yaitu Allah SWT.

Tahiyatul Masjid dapat dilaksanakan setiap saat, baik siang, sore atau malam, tentu dilakukan ketika seseorang masuk ke dalam masjid dan sebelum duduk yang disengaja, atau tidak disengaja namun dengan batas waktu yang dianggap lama.

Lalu bagaimana cara melaksanakan shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid itu? Berikut ini adalah tata cara melaksanakan shalat Tahiyyatul Masjid dilengkapi dengan niat serta bacaan doa yang dianjurkan Rasullullah.

Tata Cara Melaksanakan Shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid

1. Membaca Niat
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لله تعالى
Latin: Ushallii sunnatat tahiyatal masjidi rak'ataini lillahi ta'aala
Artinya: Saya shalat sunnat tahiyat al-masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram merupakan penanda masuknya seseorang pada waktu akan mengerjakan sholat. Takbiratul ihram merupakan rukun qauli (rukun yang berupa ucapan) yang dengannya seseorang telah masuk dalam rangkaian ibadah sholat dan diharamkan melakukan apapun yang bisa membatalkannya.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X