Aliando Syarif Mengaku Alami Gangguan OCD, Apa Itu?

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:52 WIB
Ilustrasi OCD (Dok.Shutterstocks)
Ilustrasi OCD (Dok.Shutterstocks)

HALLO BANTEN, JAKARTA – Lama tak muncul di layar kaca, Aliando Syarif membuat heboh publik tanah air dengan pernyataannya di media sosial yang mengaku alami gangguan penyakit OCD yang membuatnya kesulitan beraktifitas.

Dalam video siaran langsung di akun instagramnya, dia mengaku kesulitan untuk melakukan aktifitas sehari hari bahkan untuk sekedar makan dan mandi.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue enggak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," kata Aliando seperti dikutip dari instagram @ aliandoo.

"Gue enggak bisa makan, nafsu makan enggak ada juga, karena terlalu stres, frustasi, depresi dengan hal tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahiyyatul Masjid, Lengkap dengan Niat dan Do'anya

Lalu, apa sebenarnya gangguan penyakit yang disebut OCD itu ? Berikut ini adalah informasi tentang gangguan OCD yang Hallo Banten rangkum dari berbagai sumber.

Pengertian OCD
Menurut Wikipedia Indonesia, Penyakit OCD atau Obsessive Compulsive Disorder merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang – ulang atau obsesif.

Pada dasarnya penderita gangguan ini menyadari bahwa dirinya terkena gangguan OCD, akan tetapi tetapi mereka tidak bisa mengontrol dirinya untuk berhenti melakukan tindakan tersebut. Misalnya, seorang penderita OCD akan mencuci tangannya berulang kali karena ia berpikir belum mencuci tangannya dengan bersih.

Baca Juga: Waduh, 7 Siswa SD Diamankan Polsek Ciracas Gegara Hendak Tawuran Bawa Sajam

Obsesif sendiri adalah gangguan pikiran yang terjadi secara terus menerus dan menimbulkan rasa cemas atau takut.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X