Pengen Jago Edit Video? Yuk Kenali Istilah – Istilah Ini

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:53 WIB
Ilustrasi Kolase foto Yang Bisa Jadi Video Musik (Pixabay)
Ilustrasi Kolase foto Yang Bisa Jadi Video Musik (Pixabay)

HALLO BANTEN, JAKARTA – Zaman sekarang pasti orang-orang suka buat video, video buat konten, video buat viral, buat video masak- masak dan masih banyak lagi. Hal tersebut sudah tidak asing lagi terutama bagi seorang content creator.

Namun ada beberapa proses agar dapat membuat video yang bagus, mulai dari editing video, memberikan efek musik, transisi dan masih banyak lagi.

Video editing adalah proses pengeditan terhadap video hasil dari proses shooting, dimana pada proses ini seorang editor harus memilih dan menyunting gambar dalam bentuk video tersebut dengan cara memilah klip-klip video, menjadi sebuah video yang utuh.

Baca Juga: Rumah Ustad Yusuf Mansur Digeruduk Orang Menuntut Pengembalian Dana Investasi

Ada beberapa istilah dalam video editing, seperti cameraworks, camera angle, jenis shoot, motivasi, informasi, sound, komposisi serta continuity. Semua istilah tersbut merupakan “Grammar of the edit“ yang harus dipegang oleh seorang editor.

1. Motivasi

Seperti yang sering kita lihat pada sebuah film, ada gambar-gambar seperti gunung, laut, awan, suasana kota dan sebagainya sering kali menjadi gambar pengantar sebelum gambar utama di tampilkan. Tujuan dari gambar-gambar tersebut sebagai pengiring untuk memberikan penjelasan dari gambar selanjutnya.

2. Informasi

Informasi adalah salah satu hal penting dalam melakukan video editing, artinya seorang editor dalam melakukan proses edit harus bisa merangkai gambar-gambar dari video tersebut menjadi sebuah infomasi yang nantinya dapat dimengerti oleh setiap orang yang menonton. Dengan seperti itu maksud informasi dari video tersebut bisa tersampaikan.

3. Komposisi

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X