Mengenal Bipolar dan Ciri-Cirinya, Penyakit Yang Diidap Marshanda Sejak 2009

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:06 WIB
Marshanda saat menceritakan tentang bipolar disorder (Dok.Tangkapan Layar  youtube tonightshownet)
Marshanda saat menceritakan tentang bipolar disorder (Dok.Tangkapan Layar youtube tonightshownet)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Marshanda memiliki pengalaman buruk di masa lalu. Beberapa tahun silam, perempuan yang akrab disapa Caca itu mengaku kalau dirinya bahkan mengalami perseteruan dengan ibunya sendiri.

Pada 2009, Marshanda didiagnosis mengidap bipolar, sebuah gangguan mental yang berhubungan dengan perubahan suasana hati, mulai dari posisi terendah atau yang biasa disebut sebagai depresif, hingga tertekan ke posisi tertinggi atau yang biasa disebut mania.

Marshanda menyatakan bahwa ia membutuhkan waktu hingga lima tahun untuk bisa mengakui bahwa dirinya memiliki bipolar. Ia sempat berada di masa penolakan.

Baca Juga: LINK NONTON Drama Korea Doctor Lawyer Full Movie dan Full HD, SUB INDO

Hingga pada akhirnya, Marshanda bisa menerima kenyataan itu dan rajin kontrol ke psikiater, sehingga gangguan bipolar yang dialaminya bisa berangsur stabil.

“Bipolar ini, menurut para dokter dan psikiater di dunia, adalah sebuah disorder yang tak bisa disembuhkan. Sekarang pun aku masih ada gangguan itu, tapi karena sudah belajar menerima dan berdamai dengan keadaan, aku bisa tenang ketika tendensi buat kambuh,” ungkap Marshanda dalam siaran pers puncak perayaan Festival Pulih pada 27 November 2021 lalu.

Satu-satunya cara paling efektif agar gangguan tersebut tidak berbahaya, kata Marshanda, adalah dengan mengatur emosi. Marshanda menegaskan bahwa mengatur emosi yang ia maksud tidak dilakukan dengan melawan emosi negatif.

“Jangan dilawan, diterima dan diidentifikasi saja: emosi apa yang sedang kita rasakan? Mengapa? Namun, akal sehat harus tetap kita dahulukan dan berjanji pada diri sendiri untuk terus berbenah diri menjadi lebih baik,” terangnya.

Setahun berselang sejak perayaan Festival Pulih dirinya, Marshanda dikabarkan menghilang di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Kabar menghilangnya Marshanda menjadi sorotan usai sang sahabat, Sheila Salsabila, mengunggah Instagram Story.

Baca Juga: Tak Melirik Indonesia, Ini Alasan Tesla Pakai Pemasok Baterai Asal China

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Makanan dan Minuman Penyebab Keguguran Kandungan

Senin, 1 Agustus 2022 | 15:16 WIB

4 Buah Bisa Mengugugurkan Kandungan Secara Alami

Senin, 1 Agustus 2022 | 14:11 WIB

WASPADA Ciri-ciri Kena Cacar Monyet

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:45 WIB

Cara Menggugurkan Kandungan dengan Cepat dan Aman

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:03 WIB

Aneka Resep Daging Sapi yang Mudah dan Istimewa

Minggu, 10 Juli 2022 | 18:53 WIB
X