Bali, NTT dan NTB Tsunami 22 Kali Sejak Tahun 1600

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 04:21 WIB
Ilustrasi tsunami (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tsunami (Foto: Istimewa)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Bali, NTT dan NTB Tsunami 22 Kali Sejak Tahun 1600. Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan wilayah Kepulauan Sunda kecil meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur telah terjadi tsunami lebih dari 22 kali.

Daryono dalam ruang diskusi PRBBK Inklusif disiarkan secara daring di Jakarta, Jumat (13/5), mengatakan bahwa kejadian tsunami terhitung sejak 1600-an, dan paling banyak terjadi akibat guncangan gempa di sesar naik Flores.

BACA JUGA: Website Nonton KKN di Desa Penari di Mana? Gratis dan FULL HD

"Jika lihat dari sumber gempa yang di selatan, megathrust itu, ternyata lebih galak, sumber gempa di utara NTT," ujar dia.

Dikatakan pula bahwa rentetan titik gempa di utara Bali, Lombok, Sumbawa, Bima, Manggarai, Flores, adalah deretan sumber gempa aktif yang patut diwaspadai.

BACA JUGA: Cerita Lokasi Asli KKN di Desa Penari Berdasarkan Cerita Original, Ternyata Mistis dan Menyeramkan

Misalnya, pada sumber gempa sesar Flores yang bisa memicu tsunami yang hebat di Bulukumba pada tahun 1820.

Gempa yang terjadi pada tanggal 29 Desember berkekuatan 7,5 berpusat di laut Flores mengguncang NTB, NTT, dan Sulawesi. Gempa itu memicu tsunami di beberapa daerah, seperti NTB, NTT, Sumenep, hingga Pantai Selatan Sulawesi.

BACA JUGA: VERSI ASLI SINOPSIS KKN di Desa Penari, Kisah Ayu dan Bima Hingga Banyak yang Kesurupan

Halaman:

Editor: Abu Ibrahim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X