Aktivitas Sesar Cimandiri Sering Menimbulkan Bencana di Jawa Barat, Ini Wilayah yang Dilewatinya

- Selasa, 22 November 2022 | 13:43 WIB
Struktur Sesar Cimandiri yang memanjang dari Pelabuhan Ratu hingga Gunung Tangkuban Perahu
Struktur Sesar Cimandiri yang memanjang dari Pelabuhan Ratu hingga Gunung Tangkuban Perahu

HALLO BANTEN, JAKARTA - Gempa Cianjur magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 terjadi akibat adanya aktivitas di patahan atau sesar Cimandiri.

Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menuturkan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa Cianjur menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas sesar Cimandiri.

Lebih lanjut dia menjelaskan episentrum gempa bumi itu berada di 10 kilometer barat daya Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di 6,84 Lintang Selatan, 107,05 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujarnya, dikutip dari Antara, Selasa, 22 November 2022.

Guncangan gempa Cianjur 21 November 2022 dirasakan di sejumlah daerah, antara lain, Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Garut.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Cianjur Waspada Longsor dan Banjir Pasca Gempa, Ini Lokasi Rawannya

Daryono mengatakan, gempa Cianjur memiliki skala intensitas V MMI atau Modified Mercalli Intensity yang mana getaran dirasakan hampir semua penduduk.

Gempa Cianjur 21 November 2022 magnitudo 5,6 disebabkan akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri.

Sesar Cimandiri merupakan patahan geser aktif atau sesar sepanjang 100 km yang titik awalnya berada di muara Sungai Cimandiri di Pelabuhanratu.

Daerah di Jawa Barat yang dilewati sesar Cimandiri yaitu, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Orang Tewas karena Bus Masuk Jurang di Magetan

Minggu, 4 Desember 2022 | 16:21 WIB

Garut Gempa 6,4 SR

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:38 WIB
X