Bekas Menteri KKP Susi Pertanyakan Kabar Penjualan Pulau di Halmahera Selatan, Maluku Utara

- Minggu, 4 Desember 2022 | 19:12 WIB
Pulau Widi di Halmahera Selatan Maluku Utara Dilelang di Situs Lelang Asing (@sinergihalmahera)
Pulau Widi di Halmahera Selatan Maluku Utara Dilelang di Situs Lelang Asing (@sinergihalmahera)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Susi Pudjiastuti terkejut saat mengetahui kabar akan dilelangnya 100 pulau yang berada di Kepulauan Widi, yang terletak di Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Susi Pudjiastuti nampaknya baru mengetahui kabar tersebut setelah membaca cuitan yang ditulis oleh Rizal Ramli pada Minggu, 4 Desember 2022. Cuitannya itu disertai pula dengan video yang menjelaskan berita pelelangan tersebut.

“Bang Rizal ini berita beneran atau hoaks??? Kok bisa???” kata Susi dalam cuitannya.

Kabar tentang Kepulauan Widi yang akan dilelang tersebut sudah santer diberitakan beberapa minggu belakangan. Namun kepastian tentang kabar ini belum menemui titik terang.

Kabar tentang Kepulauan Widi yang akan dilelang tersebut bahkan telah membuat media asing seperti The Guardian menyorotnya. Mereka memuat berita ini pada 30 November 2022 kemarin.

Baca Juga: 6 Desa Terdampak Letusan Gunung Semeru, Warga Mengungsi di 11 Lokasi Pengungsian

Pasalnya, Kepulauan Widi merupakan kepulauan yang masih asri dan kaya akan sumber daya alam. Ekosistem di Kepulauan Widi masih kaya akan hutan hujan, hutan bakau, laguna, danau, dan terumbu karang yang merupakan rumah bagi kehidupan laut yang luas.

Sehingga jika memang benar pulau-pulau yang ada di sana akan dilelang dan dimiliki secara pribadi, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada ekosistem yang ada di sana.

The Guardian bahkan menyayangkan adanya kabar tersebut mengingat pentingnya ekosistem kelautan demi menjaga keseimbangan alam dewasa ini.

Selain itu, The Guardian juga menyebutkan bahwa Kepulauan Widi termasuk pada kawasan yang masih menyimpan ekosistem yang asri yang sudah sulit ditemui di tempat lain di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X