Warga Ungkap Orang Tua di Pemalang Dua Bulan Simpan Jenazah Anaknya Hendak Gelar Ritual

- Kamis, 13 Januari 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi mayat (by:Apunte)
Ilustrasi mayat (by:Apunte)

HALLO BANTEN - Orang tua di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang menyimpan jenazah anaknya, SA (14) selama dua bulan lebih diungkap tetangga akan gelar ritual.

Para tetangga mengatakan bahwa orang tua anak tersebut menganut keyakinan tertentu. Mereka meyakini sang anak bisa dihidupkan lagi.

"Informasi yang kami dapat, orang tuanya menganut keyakinan tertentu. Mereka meyakini anaknya bisa dihidupkan kembali dengan menggelar ritual," ujar Camat Moga Umroni yang sempat mendatangi rumah orang tua SA di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: Ternyata Inilah Alasan Ardhito Pramono Masih Belum Berstatus Tersangka

Umroni mengungkapkan, SA yang merupakan siswi SMPN 3 Moga diduga sudah meninggal selama 2,5 bulan. Namun orang tuanya sengaja menyembunyikan hal itu dari para tetangga dan menyimpan jenazah SA di rumah.

Selain sengaja menyembunyikan meninggalnya SA, orang tua SA juga disebut Umroni tertutup dan jarang bersosialisasi di lingkungan tempat tinggalnya.

Hal itu membuat kondisi SA dan jenazahnya yang disimpan di dalam rumah baru terungkap pada Minggu 9 Januari 2022 setelah para tetangga curiga SA lama tidak pernah kelihatan.

"Setelah kami dapat laporan dari warga, kami dari forkompincam bersama kades, kadus, RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan petugas medis langsung mendatangi orang tua SA," ujar Umroni.

Menurut Umroni, setelah dilakukan pendekatan persuasif, orang tua SA akhirnya membolehkan sang anak diperiksa oleh petugas puskemas dan selanjutnya dimakamkan pada Minggu 9 Januari 2022 malam.

Baca Juga: Link Download dan Streaming Film Korea dari Aksi hingga Semi

Halaman:

Editor: Sari Dewi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X