Anggota DPR Desak Kepolisian Jangan Lagi Represif dengan Para Demonstran

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:14 WIB
Polisi banting mahasiswa saat demo di Tangerang. (by:Istimewa)
Polisi banting mahasiswa saat demo di Tangerang. (by:Istimewa)

HALLO BANTEN - Anggota Komisi III DPR RI Hinca IP Pandjaitan XIII berharap anggota kepolisian tidak lagi represif terhadap warga khususnya mereka yang berunjuk rasa menyampaikan pendapatnya di muka umum.

Praktik-praktik kekerasan atau represif bertentangan dengan misi kepolisian untuk selalu melakukan tindakan yang humanis dan terukur dalam memelihara ketertiban dan menjaga keamanan, terang Hinca saat ditemui di Jakarta, Kamis 14 Oktober 2021.

“Yang terjadi kemarin, viral disaksikan banyak masyarakat, saya kira ini jadi introspeksi pada Polri agar tetap kembali ke semangat presisi yang menjadi tagline Kapolri,” sebut Hinca IP Pandjaitan.

Hinca menjelaskan, jangan ada lagi Polri yang melakukan aksi kekerasan dengan membanting demonstran. Sehingga semua dilakukan harus humanis.

“Tidak ada lagi banting-membanting, tidak ada lagi represif, yang ada humanis, karena itu yang memang dijanjikan oleh Pak Sigit,” jelasnya.

Baca Juga: Wagub DKI Tanggapi Sorotan Media Asing Soal Suara Adzan di Jakarta

Istilah “presisi” yang disebut oleh Hinca merujuk pada visi kepolisian di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Presisi merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan.

Terkait itu, Hinca meminta Kapolri menginstruksikan jajarannya di tingkat pusat sampai daerah agar konsisten mewujudkan visi Presisi kepolisian.

“Kami minta semua jajaran polisi mulai dari pusat ke daerah (yang) menangani soal-soal demonstrasi, menyampaikan gagasan, pikiran, (agar) dihadapi dengan humanis. Jangan sampai ada yang tercederai, apalagi sampai (kontak) fisik,” ungkap Hinca.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cetak KTP Sekarang Anti Ribet, Bisa Cetak di Mana Saja

Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:37 WIB

Dipukul Kapolres Nunukan, Bripka Sony Malah Minta Maaf

Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:05 WIB

KNKT Turun Tangan Selidiki Tabrakan LRT di Munjul

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:05 WIB

Perampas Uang SPBU Berhasil Dibekuk Polisi

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:00 WIB
X