Jokowi Tiba di AS Seperti Orang Berwisata, Tak Disambut Pejabat AS

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:46 WIB
Beredar video kedatangan Jokowi di Amerika tanpa sambutan berarti, netizen beri reaksi di media sosial. (Istana Kepresidenan)
Beredar video kedatangan Jokowi di Amerika tanpa sambutan berarti, netizen beri reaksi di media sosial. (Istana Kepresidenan)

HALLO BANTEN, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau sudah tiba di Washington DC, Amerika Serikat. Dia ke AS untuk menghadiri pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Namun, saat tiba dia tak disambut oleh pejabat AS, sehingga disebut seperti orang yang tengah berwisata.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu 11 Mei 2022 pukul 8.40 WIB.

Dalam tayangan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, tidak ada sambutan mewah saat Jokowi mendarat. Bahkan, tidak tampak pejabat negara Amerika Serikat yang menyambut.

Hanya karpet merah dan protokoler militer AS yang membawa dua bendera Indonesia dan tuan rumah.

Baca Juga: Nasib Buruk Keluarga Rajapaksa, Dulu Jadi Pahlawan Sri Lanka, Kini Harus Sembunyi dari Amukan Massa

Diantara pejabat yang hadir di tempat pendaratan, ada Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani beserta istri, yang berdiri di sisi karpet merah.

Bagi aktivis hak asasi manusia (HAM), Natalius Pigai, kedatangan Jokowi tidak layaknya kunjungan seorang kepala negara yang disambut perwakilan pejabat negara tujuan.

"(Jokowi) datang seperti seorang menteri yang berwisata," sentil Naatalius Pigai dalam cuitan akun Twitter pribadinya, Rabu 11 Mei 2022

Kata Pigai, penyambutan Jokowi adalah cerminan posisi Indonesia di mata dunia. Juga akibat Indonesia yang tidak bisa tegas pada Rusia saat melakukan invasi ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X