Piala AFF 2022 : Vietnam Tahan Imbang Indonesia di semifinal Leg Pertama, Kinerja Wasit Jadi Sorotan

- Sabtu, 7 Januari 2023 | 19:14 WIB
Timnas Indonesia bakal hadapi lagi Vietnam di leg 2 Piala AFF 2022 (marcklok)
Timnas Indonesia bakal hadapi lagi Vietnam di leg 2 Piala AFF 2022 (marcklok)

HALLO BANTEN – Tim nasional (Timnas) Indonesia, gagal meraih kemenangan di leg pertama semifinal piala AFF 2022 setelah ditahan imbang oleh Vietam dengan skor 0-0.
Laga yang berlangsung di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) itu di gelar pada hari Jum’at, 6 Januari 2022 pukul 16:30 WIB.

Indonesia yang bermain dengan kekuatan penuh, berharap dapat mengamankan kemenangan guna mempermudah untuk lolos ke babak selanjutnya.

Namun nyatanya, Rachmat Irianto dan kolega kesulitan untuk mencetak angka Meski sempat beberapa kali mendapat kesempatan emas. Hal tersebut tak terlepas dari solidnya pertahanan lini belakang Vietnam dan kemampuan menyerang yang cukup baik.

Meski berakhir imbang dengan skor kaca mata, ada satu momen dimana Kinerja wasit asal Oman, Omar Al- yaqiubi menjadi sorotan karena dianggap merugikan skuad garuda.

Baca Juga: Ini Rekam Jejak Kombes YBK yang Ditangkap Konsumsi Narkoba di Hotel Bersama Perempuan

Wasit asal Oman itu dinilai terlalu lembek dan kurang garang untuk mengeluarkan kartu dari sakunya. Beberapa yang disorot yakni terkait pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain Vietnam.

Pertama yakni mengenai aksi Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran keras kepada Dendy Sulistyawan. Tepatnya terjadi pada menit ke 54’ ketika bola yang hendak dikuasai oleh Dendy, namun tiba-tiba Van Hau memajukan kedua kakinya secara brutal.

Van Hau yang melakukan pelanggaran justru berpura-pura akting kesakitan Dan anehnya, wasit juga tak memberikan kartu untuk Van Hau setelah pelanggaran kerasnya itu.
Keputusan Omar lainnya yang juga disorot adalah ketika momen Ricky Kambuaya ditendang di dalam kotak penalti Vietnam pada menit ke-90+2’.

Lagi-lagi pelakunya adalah Doan Van Hau. Dan ia juga melakukan hal serupa setelah melanggar pemain Timnas Indonesia, pura-pura mengerang kesakitan namun wasit tak memberikan penalti kepada Indonesia dan terus melanjutkan pertandingan.***

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X