Palsukan Nilai Transfer Pemain, Juventus Dihukum Pengurangan Poin

- Senin, 23 Januari 2023 | 21:17 WIB
Juventus turun ke peringkat 10 setelah dihukum pengurangan poin (Foto: Instagram @juventus)
Juventus turun ke peringkat 10 setelah dihukum pengurangan poin (Foto: Instagram @juventus)

HALLO BANTEN - Nasib buruk harus diterima klub papan atas liga Italia, Juventus setelah menarima sangksi berupa pengurangan 15 poin dari federasi sepakbola Italia ( FIGC ) lantaran memalsukan nilai transfer pemain dan laporan keuangan.

Sehingga dengan hukuman tersebut bianconeri harus terjun bebas ke peringkat 10, yang semula berada di posisi ketiga. Pengurangan poin tersebut diumumkan oleh federasi sepak bola Italia ( FIGC ) pada Jum’at 21 Januari 2023 Malam WIB.

Selain itu, FIGC juga tidak hanya memberikan hukuman pengurangan poin untuk Juventus, melainkan juga memberikan hukuman lain kepada individu (mantan petinggi klub) yang terlibat dalam kasus tersebut.

Mantan presiden Juventus, Andrea Agnelli, dijatuhkan sanksi selama dua tahun tidak boleh terlibat di sepakbola. Nasib serupa juga dialami Fabio Paratici yang saat ini menjabat sebagai Direktur Olahraga Tottenham Hotspur, yang dikenakan sanksi dua setengah tahun.

Baca Juga: Juventus Catat Rekor Start Terburuk dalam 60 Tahun

Klub berjuluk si Nyonya tua itu disebut merekayasa nilai transfer dan pembukuan finansial untuk mengakali aturan FFP (Financial Fair Play). Transaksi transfer “tukar guling” Miralem Pjanic (biaya transfer 60 juta euro) dengan Arthur Melo (72 juta euro) pada 2020 silam menjadi contoh terbaik.

Juventus melabeli transfer Pjanic ke Barcelona dengan nilai 60 juta euro, meski sang pemain asal Bosnia-Herzegovina dikatakan tak memilki harga riil setinggi itu. Si Nyonya tua itu disebut mendongkrak nilai transfer pemain agar nominal itu tercatat di buku finansial mereka.***

Editor: Yudhi Aulia Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X